Monday, January 21, 2008

JAVA as an Object Oriented Programming

Sekedar sharing ilmu. Tulisan ini juga diambil dari berbagai sumber..^^

Selama hampir lebih dari 10 tahun ini telah dikenalkan paradigma pemrograman baru yang dikenal dengan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) atau Object Oriented Programming (OOP).

Pemrograman Berorientasi Objek >> Konsep yang yang membagi program menjadi objek-objek yang saling berinteraksi satu sama lain. Objek adalah benda, baik benda yang berwujud nyata maupun yang tidak nyata (konsep).


Java berawal dari tahun 1991 ketika perusahaan Sun Microsystem memulai Green Project, yakni projek penelitian untuk membuat bahasa yang akan digunakan pada chip2 embedded untuk device intelligent consumer electronic. Bahasa tersebut haruslah bersifat multiplatform, tidak tergantung pada vendor yang memanufaktur chip tersebut.

Karena pada awalnya ditujukan untuk pemrograman device kecil, Java memiliki karakteristik berukuran kecil, efisien dan portable untuk berbagi hardware.
Selanjutnya Java dilanjutkan untuk pemorgraman internet.

Keunggulan Java

1. Java Bersifat sederhana dan relatif mudah

Java dimodelkan sebagian dari bahasa C++ namun dengan memperbaiki beberapa karakteristik C++, seperti mengurangi kompleksitas beberapa fitur, penambahan fungsionalitas, serta penghilangan beberapa aspek pemicu ketidakstabilan sistem pada C++.
Sebagai contoh, Java menggantikan konsep pewarisan lebih dari satu (multiple inheritance) dengan interface, menghilangkan konsep pointer yang sering membingungkan, otomatisasi sistem alokasi memory dan sebagainya. Ini membuat bahasa pemrograman Java menjadi relatif sederhana dan mudah untuk dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

2. Java Berorientasi pada Objek (Objek Oriented)

Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek (OOP), tidak seperti pascal , bsic atau C, yang berbasis prosedural. Dalam memecahkan masalah Java membagi program menjadi objek2, kemudian memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing. Selanjutnya, Java menentukan dan mengatur interaksi antara objek yang satu dengan yang lainnya.

3. Java bersifat terdistribusi

Pada dekade awal perkembangan PC (Personal Computer), komputer hanya bersifat sebagai workstation tunggal, tidak terhubung satu sama lain. Saat ini, sistem komputerisasi cenderung terdistribusi mulai dari client, e-mail server, web server, proxy server, dsb.

4. Java bersifat Multiplatform

Java bersifat multiplatform, maksudnya yaitu dapat diterjemahkan oleh Java Interpreter pada berbagai sistem operasi.

5. Java bersifat Multithread

Thread adalah proses yang dapat dikerjakan oleh program dalam satu waktu. Java bersifat multithreaded, artinya dapat mengerjakan beberapa proses dalam waktu yang hampir bersamaan.


Pada umumnya, para pakar berpendapat bahwa bahasa Java memiliki konsep yang konsisten dengan teori pemrograman objek dan aman untuk diimplementasikan. Kini universitas-universitas di berbagai negara berpaling dari Pascal atau C++ dan memilih Java sebagai bahasa untuk belajar memprogram.

Setelah selesai ditulis, kode sumber Java harus diubah menjadi kode siap eksekusi dengan menggunakan Java Development Kit (JDK). Di sini letak keunikan Java. Java menggunakan kode byte yang portabel dan modular. Portabel karena dia bukan kode mesin prosesor (peranti keras) tertentu, justru sebaliknya dia bisa dimuat ke berbagai landasan komputer maupun sistem operasi. Dia juga modular karena tiap objek dikompilasi menjadi satu file kelas (class) yang mandiri. Aplikasi lengkap Java merupakan kumpulan beberapa file kelas. File-file kelas ini dapat disatukan dan dipadatkan menjadi file jar (Java archive).

Untuk dapat mulai belajar Java, bisa diawali dengan mendownload Java dari sini.

Pertama2, download dulu Java Development Kitnya (JDK)

Java Development Kid adalah peralatan tempur yang mendasar dalam pengembangan aplikasi dengan Java, Dua program utama yang disediakan dalam JDK adalah :
javac : yaitu program untuk meng-compile kode sumber
java : yaitu program untuk meluncurkan aplikasi.

Pilihlah file instalasi yang sesuai dengan Operating System yang digunakan, apakah itu Linux, Solaris atau Windows.

No comments:

Post a Comment