Wednesday, July 16, 2008

Buat Gallery Foto dengan MG2

Setelah lama gak posting, karena sibuk ngurusin blog satunya.. :D dan juga lama gak online...
kebetulan ada ide neh bwat posting tentang seputar dunia web,, desain web tentunya..

Aplikasi yang digunakan adalah MG2 namanya, yang dibuat oleh Thomas Ryback sejak 2005, weits,, dah katroks ya?? maksudnya c saya yang katrok, kok baru taw,, hehee,, :p

yeah,, gara2 aktivitas pagi, browsing dan gak sengaja liat2 website yang make aplikasi ini untuk buat galery foto di web nya..

Pertama2 download dulu MG2 dari sini.

disitu kalian akan segera punya file .zip yang berisi file2 php.

klo udah, kalian bisa mengextract file zipnya (file mg2.zip) ke web server, kalo misalnya pake web server local tinggal copy paste aja di htdocs, buat folder baru dulu biar lebih gampang, contohnya nama foldernya galery.

klo pengen make mg2 galery di web yang udah online, bisa di upload juga ke web servernya pake ftp client.
so klo udah, km akses aja dari browser kamu klo di localhost dengan alamat http://localhost/galery (atau nama folder yang kamu buat selain galery)

disitu akan ada petunjuk penginstalan, kalian harus membuat satu folder yang bernama pictures dengan chmod 777, maksudnya bisa di read and write.

klo udah maka tinggal instruksi berikutnya, mengisikan nama galery(judul), lalu email kamu, dan password admin galery dan klo sudah berhasil kamu bisa login.


di area admin ini kamu bisa langsung upload foto, setup galery kamu dan laen2.
kalu ingin fotonya ada di kategori2 tertentu, bisa create new folder dulu baru upload foto.
tapi kalo udah terlanjur upload kamu bisa juga memindahkannya dengan cara di - move.

kalu udah upload, pengen liat galerynya dengan alamat tadi http://localhost/galery atau bisa juga klik view galery di salah satu thumbnail di kanan atas.

ini adalah contoh galerynya.. :)


wah,, narsis juga ye... saya.. :p

anyway, ada juga addons-addons yang disediakan di mg2, contohnya seperti bahasa dan juga skin untuk galery kamu. kamu bisa download dari situs resminya dan setelah download kamu extract file2nya di folder skins di galery kamu.

klo udah, masuk lagi ke halaman admin dari browser, dan klik setup lalu pada skin kamu ganti dengan nama skin yang baru aja di download..

Gambar di bawah ini adalah contoh skin orange :)



moga2 aja bermanfaat ;)

No comments:

Post a Comment