Monday, March 3, 2008

CMS dan Joomla

aQ lage belajar CMS.. kebetulan Joomla.. dan walaupun masih jauh dari bisa.. aQ bener2 seneng,, coz, ternyata emang ga serumit yang dibayangin,, trial dan eror? so pasti itu yang dilakukan,, sampai2 akhirnya g tahan juga dan nyari bukunya..(yeah,, masih tahap awal banget kok,, belum finish bukune..) :P

ok,, dan sekarang aQ maw berbagi, about CMS atau kepanjangan dari Content Management System. karena ada beberapa teman yang nanyain juga, apa seh sebenernya CMS itu..??

aQ ambil dari buku Mastering CMS dengan Mambo/Joomla by Adhi Rachdian | Andy Sikumbang, CMS adalah sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki sistem sedemikian hingga memberikan kemudahan kepada para pengguna sekaligus juga pengelolanya.

manfaatnya banyak banget, dan udah banyak juga website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas, Portal, galeri Foto Apliaksi e-commerce, mengelola website pribadi ataw web blog, dll.

Keberadaan aplikasi gratis di internet dan komunitas opensource juga memberikan andil yang besar untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah dari segi harga akan tetapi dengan fitur2 yang semakin lengkap dan canggih.

Joomla.

apakah itu Joomla,,?

joomla juga adalah sebuah CMS yang powerful dan telah banyak digunakan untuk membuat website. Kehebatan Joomla sudah dibuktikan dengan beberapa website kelas dunia. Tercatat, beberapa perusahaan mempercayai Joomla sebagai CMS website mereka.

untuk bisa menggunakan Joomla, maka ada beberapa syarat2 yang harus dimiliki yaitu :
1. download paket instalasi joomla (bentuk zip), salah satunya ada di alamat ini.
2. siapkan web server, apache dan database mysql, tapi lebih bagusnya install sati paket semacam PHP Triad, appserve, maupun XAMPP untuk lebih mudah dan praktisnya. Karena paket tersebut, dalam sekali install sudah mencakup webserver apache, database mysql, dan phpmyadmin.
Saat ini yang dikatakan paling bagus dan stabil adalah XAMPP, dan bisa didownload disini,

okay,, mungkin cuup sampe sini dulu about CMS en Joomla, untuk materi yang lengkap, ada neh, yang bisa langsung dodownload disini.

moga2 berguna ajah.. ;)

No comments:

Post a Comment