Tuesday, December 29, 2009

+ , - , x , :



Menjelang tahun baru masehi ada tulisan menarik tentang cara menghitung umur , yaitu menggunakan:

+ , - , x , :

berikut adalah eksplanasi tata cara penghitungannya :


(+) Cara Penjumlahan


Kalau hari ini qta berumur 17 tahun , maka tahun depan umur qta akan bertambah 1 tahun menjadi 18 tahun . Cara yang sangat mudah bukan ? :]

Ini adalah cara menghitung umur yang paling sederhana , paling cocok buat anak kecil . Kalau qta masih menghitung umur dengan cara ini , berarti qta masih anak-anak . ;))


(-) Cara Pengurangan


Setelah semakin sering qta berulang tahun , akhirnya qta sadar bahwa setiap kali qta ulang tahun , sebenarnya umur qta bukannya bertambah , tapi justru berkurang ! :o ;)

Setiap kali ulang tahun maka sisa umur qta semakin sedikit, qta semakin dekat pada akhir hayat . x|

Orang yang sudah menyadari bahwa sisa hidupnya makin hari makin sedikit adalah orang yg sudah dewasa .


(x) Cara PerKalian


Setelah sadar bahwa umur qta terus berkurang, maka qta harus tahu cara yang ketiga untuk menghitung umur yaitu tentang bagaimana caranya melipatgandakan waktu yg qta miliki.

Misalnya saat kena macet dijalan, qta membaca buku . Hal ini memungkinkan asal qta punya supir , seperti saya waktu pulang ke Malang kan kena macet di porong , tapi supir bis ding . :))

Anyway , ini adalah contoh bagaimana kita melipatgandakan waktu. Prinsipnya adalah : dalam waktu yg sama, kita memperoleh lebih banyak .

Contoh lain adalah : McDonald yang membuka cabang diseluruh dunia . Saat pemiliknya sedang tidur pun, masih ada cabangnya dibagian belahan dunia lain yg sedang menghasilkan uang . Coba kalau McDonald hanya punya satu cabang , berapa waktu yg dibutuhkan untuk mengumpulkan uang sebanyak yg dimilikinya sekarang ? Mungkin butuh ribuan tahun... Hmmm ~ :-?

Yapz ! cara ketiga ini adalah cara yg dipakai oleh orang-orang yg 'paling pandai' diseluruh dunia .


Mereka memikirkan bagaimana agar dalam hidup yang singkat bisa melakukan produktifitas yg lebih besar , bisa memperoleh sebanyak mungkin . Kalau qta berhasil memahami cara menghitung waktu yang ketiga ini maka qta adalah orang pandai !



Tapi qta belum bisa dikatakan sebagai orang yang bijaksana bila belum mengerti cara menghitung umur yang keempat .

(:) Cara PemBagian


Setelah berhasil melipatgandakan waktu yg qta miliki dan mendapat begitu banyak hal dalam hidup qta, maka yg harus qta lakukan kemudian adalah : Membagikannya . Kalau qta mendapat banyak ilmu , sebarkan semua sebelum qta mati , kalau qta mendapat banyak harta, bagikan semua sebelum ajal menjemput . Dan diantara amalan yang tak pernah terputus pahalanya adalah : ilmu yang bermanfaat dan amal jariyah . :]

Seorang filsuf berkata ,


"orang yang mati dalam keadaan kaya adalah orang yang paling bodoh"


Maksudnya, uang itu buat apa ? kan tidak akan membawa manfaat apa pun bila qta sudah mati ? :-?

Memang sudah menjadi tugas qta untuk membagikan semua berkat yang pernah qta peroleh kepada orang lain . Dengan memahami cara menghitung umur atau waktu yang keempat maka hidup qta menjadi bermakna . Maka qta tak akan menyesal kapan pun qta harus mati . :]





وَالْعَصْرِ

Demi masa

إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ

Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran





Okk . Mari qta coba tilik kembali .
Jadi ada 4 buah cara menghitung umur:

  1. Cara Penjumlahan (caranya anak Kecil)

  2. Cara Pengurangan (cara orang Dewasa)

  3. Cara Perkalian (cara orang Pandai)

  4. Cara Pembagian (cara orang Bijaksana)

tinggal pilih mana yang paling disuka ! ;)
kalau saya ,,, saya ingin sekali menjadi bijaksana agar hidup ini jadi bermakna .
mudah²an bisa . ان شا الله .
dan semoga rekan-rekan yang lain berpikiran demikian juga .

. بسم الله .

amiiin ~

Thx wat Hadziq yang uda share di FB Note.
source: http://www.facebook.com/note.php?note_id=222661536027

No comments:

Post a Comment